June 24, 2021

PELATIHAN OTOMASI PERPUSTAKAAN TAHAP III

Perkembangan teknologi membawa perubahan besar dalam segala hal, termasuk proses pengolahan, penyimpanan serta distribusi data dan informasi. Perubahan tersebut juga berpengaruh secara langsung terhadap peningkatan komunikasi global perpustakaan.  

Otomasi perpustakaan merupakan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan bantuan teknologi informasi. Dengan sistem otomasi ini pekerjaan pengelola perpustakaan dapat lebih cepat, efesien, akurat, dan terintegrasi mulai dari pengelolaan bahan pustaka, sirkulasi, katalog (OPAC), pengadaan hingga manajemen keanggotaan.

Banyak pilihan aplikasi yang bisa dipergunakan dalam kegiatan otomasi perpustakaan, salah satunya adalah INLISlite yang merupakan software aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas).

Sehubungan dengan hal tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu mengadakan Pelatihan Otomasi Perpustakaan dengan peserta pengelola perpustakaan sekolah dan Perguruan Tinggi di wilayah Kota Batu. Pelatihan yang diselenggarakan pada Kamis-Jumat (17-18 Juni 2021) merupakan pelatihan tahap ketiga. Setiap tahap terdiri dari dua sesi. Sesi I membahas materi berkaitan dengan backoffice, sedangkan sesi II membahas materi front office. Masing-masing tahap diikuti oleh 20 orang peserta yang berbeda.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan perpustakaan melalui otomasi perpustakaan.

(zulfa-pust)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.