June 24, 2021

FINAL LOMBA DONGENG KOTA BATU

Mendongeng merupakan warisan budaya bangsa. Tradisi tutur yang diturunkan dari generasi ke generasi pada zaman dahulu, menjadi metode yang efektif untuk membentuk karakter budi pekerti. Membaca dongeng yang bersumber dari buku, juga menjadi salah satu cara untuk mencintai buku.

Tanggal 19 Mei 2021, Dinas Perpustakaan dan kearsipan telah menyelenggarakan pelatihan mendongeng. Diikuti oleh 60 orang peserta, yang terdiri dari berbagai jenis profesi. Ada bapak-ibu guru, ibu rumah tangga, pegawai swasta, bahkan anak-anak. Ini menjadi bukti bahwa sebenarnya aktifitas mendongeng masih menjadi katifitas yang digemari banyak orang.

Sebagai ajang untuk menguji bakat dan kemampuan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali melakukan lomba mendongeng . Sebagaimana pelatihan, lomba ini juga diikuti peserta yang berasal dari berbagai jenis profesi. Seleksi awal dilakukan dengan dua tahap. Penilaian naskah dan video. Dari 70 peserta, telah terpilih 20 terbaik, yang kemudian difinalkan di hari Rabu, 16 Juni 2021.

Lomba Mendongeng dimenangkan oleh Gerdha Esther Natalia sebagai juara I, Hana Marsa Putri Alifia sebagai juara II, dan Devi Nasywa Fauziah sebagai juara III.

Banyaknya bibit pendongeng, menjadi harapan besar bagi semakin besarnya kemajuan literasi di Kota Batu.

(zulfa-pust)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.