January 20, 2023

PENDAMPINGAN APLIKASI SRIKANDI

 

Dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) semakin mendorong peningkatan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional.

ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) telah melakukan kerja bersama dengan Kementerian PANRB, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) untuk mengembangkan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis yang disbut dengan aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi). Hal ini dimaksudkan agar terwujudnya integrasi layanan kearsipan.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah melaksanakan launching aplikasi SRIKANDI pada bulan Desember 2022 di lingkungan Pemerintah Kota Batu. Untuk menindaklanjuti hal tersebut Disperpusip Kota Batu melakukan pendampingan uji coba implementasi Aplikasi SRIKANDI pada seluruh organisasi pemerintahan daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Pendampingan aplikasi Srikandi telah dilakukan mulai Januari 2023. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, baik teori maupun praktik dalam mengimplementasikan aplikasi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu mengargetkan pendampingan dan penerapan sistem secara menyeluruh akan terselesaikan pada Maret 2023

Penerapan aplikasi Srikandi pada semua elemen OPD akan menciptakan pengelolaan arsip dinamis yang baik dan tertib. Pada akhirnya semua bermuara pada terwujudnya e-Government dan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemeintah Kota Batu.

-Ika Fajar-

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.